Yogyakarta Siap Sambut Kontingen Kompetisi Sains dan Seni Madrasah

By Admin

nusakini.com--Di Yogyakarta akan menjadi tuan rumah ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) serta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2017. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DI Yogyakarta Muhammad Lutfi Hamid mengatakan kalau pihaknya siap menyambut kehadiran para kontingan pada event yang digelar awal Agustus mendatang.  

Kesiapan ini disampaikan oleh Lutfi saat beraudiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedong Wilis Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Dalam kesempatan itu, Lutfi melaporkan progress persiapan, mulai dari tempat penyelenggaraan, acara pembukaan dan penutupan, ajang lomba, hingga pawai peserta dan penampilan tarian kolosal yang digawangi penari legendaris Yogyakarta Didik Nini Thowok. 

Kepada Gubernur yang juga Raja Kraton Yogya, Lutfi menyampaikan bahwa AKSIOMA dan KSM bukan hanya gelaran Kemenag semata, tapi milik masyarakat luas. “Kegiatan ini sungguh strategis karena diperkirakan akan dihadiri sekitar 13ribu orang yang terdiri dari peserta, pendamping, official dan penggembira. Mereka akan tumpah ruah di Yogyakarta dari 7 hingga 13 Agustus mendatang,” jelas Lutfi di Yogyakarta, Selasa (04/07). 

Kakanwil yang dalam kesempatan itu didampingi jajaran eselon III Kemenag DIY juga menyampaikan, ajang AKSIOMA dan KSM juga bisa menjadi ruang Pemprov DIY untuk memperkenalkan wisata edukasi. “Mungkin di daerah lain wisata hanya sebatas rekreasi, tapi kalau di DIY banyak pilihan wisata edukasi,” tandas Lutfi. 

Gubernur yang didampingi Plt. Sekda Sulistyo menyambut baik penunjukan DIY sebagai tuan rumah AKSIOMA dan KSM. Bahkan, Gubernur berkomitmen menggerakan semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mensukseskan hajat akbar tersebut.  

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama Republik Indonesia dan seluruh jajarannya yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada Yogyakarta,” kata Gubernur lagi.  

“Semoga kami mampu menjadi tuan rumah yang baik, ramah dan berkesan bagi seluruh kontingen dari Sabang sampai Merauke,” sambungnya.  

Kepada siswa madrasah yang akan menjadi peserta AKSIOMA dan KSM, Gubernur berpesan agar dapat memberikan penampilan terbaik dan menjunjung tinggi semangat sportivitas dalam bertanding.